Jawaban TO 5 Statistika

Jawaban INISIASI 5 PJJ PGSD UNS
MATA KULIAH : STATISTIKA PEMBELAJARAN

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan uji t ?

Teknik statistik uji beda adalah teknik statistik yang bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara keadaan atau sesuatu yang terdapat pada kelompok–kelompok. Uji-t (t-test) merupakan statistik uji yang digunakan dalam pengujian hipotesis. Uji-t digunakan ketika informasi mengenai nilai variance (ragam) populasi tidak diketahui.
Uji-t dapat dibagi menjadi 2, yaitu
a. uji-t yang digunakan untuk pengujian hipotesis 1-sampel dan
b. uji-t yang digunakan untuk pengujian hipotesis 2-sampel.
Bila dihubungkan dengan kebebasan (independency) sampel yang



digunakan, pada uji-t dengan 2-sampel, maka uji-t dibagi lagi menjadi 2,
1) yaitu uji-t untuk sampel bebas (independent) dan
2) uji-t untuk sampel berpasangan (paired).
Hal yang perlu mendapat perhatian, yaitu apakah ragam populasi (bukan ragam sampel) diasumsikan homogen (sama) atau tidak. Bila ragam populasi diasumsikan sama, maka uji-t yang digunakan adalah uji-t dengan asumsi ragam homogen. Sedangkan bila ragam populasi dari 2-sampel tersebut tidak diasumsikan homogen, maka yang lebih tepat adalah menggunakan uji-t dengan asumsi ragam tidak homogen. Apabila uji-t hendak digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis terhadap 2-sampel, maka harus dilakukan pengujian mengenai asumsi kehomogenan ragam populasi terlebih dahulu dengan menggunakan uji-F.


2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan uji t independen, dan berikanlah contoh 1 kasus yang diujikan dengan menggunakan teknik uji t independen!

Uji-t sampel independen (bebas) adalah metode yang digunakan untuk menguji kesamaan rata-rata dari 2 populasi yang bersifat independen, dimana peneliti tidak memiliki informasi mengenai ragam populasi. Independen maksudnya adalah bahwa populasi yang satu tidak dipengaruhi atau tidak berhubungan dengan populasi yang lain.


3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan uji t dependen, dan berikanlah contoh 1kasus yang diujikan dengan t dependen !

Pada uji t sampel dependen, sampling diambil secara random ( acak ) dan sampel diambil dari populasi yang berdistribusi normal.
Hasil penelitian dikatakan signifikan bila t hitung > t tabel. maka, hipotesis alternatif diterima, dan hipotesis nol ditolak.
Hasil perhitungan dikatakan non signifikan bila t hitung < t tabel, maka hipotesis alternatif ditolak, dan hipotesis nol ditolak.
4. Suatu penelitian dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan prestasi belajar Matematika siswa yang diberikan pembelajaran dengan metode Ceramah dan metode Diskusi. Untuk kepentingan tersebut diambil sampel random sebanyak 16 siswa untuk diberikan perlakuan dalam pembelajaran matematika dengan metode Ceramah dan 14 siswa diberikan metode Diskusi .
1) Hipotesis :
H0 : Tidak ada perbedaan prestasi belajar Matematika siswa yang diberikan pembelajaran dengan metode Ceramah dan metode Diskusi.
Ha : Ada perbedaan prestasi belajar Matematika siswa yang diberikan pembelajaran dengan metode Ceramah dan metode Diskusi.

2) Hipotesis statistik
H0 : M 1 = M 2
Ha : M 1 ≠ M 2
3) Uji t ind= 2,865
tingkat kesalahan ( alpha ) = 5 %
( one tail, 28, 5 % ) t tabel = 1,701
Simpulan
Terdapat perbedaan prestasi belajar Matematika antara siswa yang diberikan pembelajaran dengan metode Ceramah dan metode Diskusi


0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tulis saran, komentar, chat, ngobrol, diskusi di ruang ini..


ShoutMix chat widget

santai sejenak, hilangkan penat sambil beri makan ikan-ikan kita.....